SEKILAS INFO
12-11-2019
  • 1 bulan yang lalu / >>> STIKes YPIB Majalengka Tahun Akademik 2019/2020
  • 1 bulan yang lalu / >>> Selamat Datang Mahasiswa Baru Prodi S1 Keperawatan, S1 Farmasi, D3 Kebidanan, dan Profesi Ners STIKes YPIB Majalengka Tahun Akademik 2019/2020
5
Mar 2019
0
TERMINOLOGI KEPERAWATAN DAN MEDIS DALAM PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA

Eti Wati,. S.Kep., Ners., S.Pd., M.Pd

 

Dalam mempelajari Ilmu Penyakit dan Laboratorium Kesehatan (IPLK), sebelumnya kita harus mengenal istilah-istilah medis yang sering digunakan dalam dunia kesehatan. Dalam hal ini, istilah tersebut sering dikenal dengan nama terminologi medis. Terminologi medis merupakan ilmu peristilahan medis atau ilmu yang mempelajari tentang bahasa medis yang sering digunakan untuk berkomunikasi antar petugas kesehatan atau tenaga medis.

Dalam hubungannya antar profesi kesehatan dibutuhkan adanya sebuah bahasa komunikasi. Bahasa komunikasi tersebut dikenal dengan istilah medis. Istilah medis merupakan bahasa profesi medis atau kesehatan yang merupakan sarana komunikasi antar mereka yang berkecimpung langsung atau tidak langsung di bidang asuhan atau pelayanan medis/kesehatan. Oleh karena itu, istilah medis ini harus dipahami dan dimengerti oleh setiap profesi kesehatan agar dapat terjalin komunikasi yang baik.

Penggunaan terminologi medis yaitu oleh para tenaga medis, tidak hanya pada saat kerja sama penanganan pasien, tetapi juga dalam keseharian baik di rumah sakit maupun pusat-pusat pelayanan kesehatan lainnya. Selain itu, terminologi medis juga sangat penting digunakan dalam dunia pendidikan khususnya lingkup pendidikan kesehatan. Para pengajar pendidikan kesehatan dituntut lebih memahami terminologi medis agar dapat memberikan pengajaran kepada para mahasiswa atau mahasiswa dengan baik dan efektif. Jadi, terminologi medis sangat penting digunakan tidak hanya pada kalangan tenaga medis pada saat penanganan pasien maupun keseharian di pusat pelayanan kesehatan tetapi juga pada lingkup pendidikan kesehatan.

Pemakai atau pengguna terminologi medis yaitu :

  • Tenaga medis
  • Tenaga keperawatan, bidan
  • Tenaga perekam medis dan informasi kesehatan
  • Tenaga farmasi, laboratorium, radiologi, fisioterapi
  • Tenaga kesehatan lain.

 

Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Terminologi Medis

Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu penting digunakan oleh perawat karena dapat memudahkan perawat dan tenaga medis lainnya dalam berkomunikasi dengan kliennya. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu sehingga mudah dimengerti oleh penduduk Indonesia.

Bahasa Indonesia dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap komunikasi yang terjadi antara pemberi dan penerima pelayanan kesehatan, di antaranya dapat mengurangi hambatan komunikasi dan mudahnya terjalin komunikasi teraupetik antar keduanya sehingga intervensi yang dilakukan akan lebih mudah dilakukan karena sudah ada kesepahaman antar keduanya.

Bahasa Indonesia yang baik sangat penting digunakan oleh perawat di manapun lingkup pelayanan kesehatan yang diberikan, baik itu di lingkup personal, keluarga, rumah sakit maupun di lingkungan komunitas. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman antara pemberi dan penerima pelayanan kesehatan yang dapat mengganggu komunikasi antar keduanya.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Badudu, J.S, 1985. Cakrawala Bahasa Indonesia I, Jakarta : Gramedia.

Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan : Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung : Yrama Widya.

Surono,dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Semarang : Farindo.

 

TIPS :

MAKANAN & MINUMAN YANG EFEKTIF

MELAWAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH

Penyakit DBD atau demam berdarah merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. Virus ini berasal dari gigitan nyamuk jenis Aedes aegypti dan masuk ke peredaran darah manusia. Ada beragam faktor yang menyebabkan nyamuk jenis ini dapat berkembang biak, salah satunya adalah kurang menjaga kebersihan lingkungan. Jika anda sudah terkena demam berdarah, ada beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu melawan penyakit ini. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Jeruk

Buah jeruk diperkaya vitamin C yang dapat membantu meningkatkan zat antibodi tubuh. Hal ini pada akhirnya akan mempercepat proses pemulihan. Selain itu, buah jeruk juga bisa membantu kesehatan pencernaan penderita demam berdarah.

  1. Daun papaya

Menurut para dokter, daun pepaya adalah makanan yang baik bagi pasien DBD karena dinilai efektif dalam melawan virus demam berdarah. Mengonsumsi daun pepaya merupakan salah satu cara alami dalam mengobati penyakit demam berdarah.

  1. Teh herbal

Para penderita demam berdarah juga disarankan untuk mengonsumsi teh herbal. Teh herbal merupakan salah satu minuman terbaik untuk meredakan demam. Hal ini karena teh herbal umumnya diperkaya jahe dan kapulaga.

  1. Air kelapa

Pasien demam berdarah biasanya rentan mengalami dehidrasi. Maka dari itu, minum air kelapa merupakan cara yang baik untuk mengisi ulang mineral dan elektrolit yang hilang ketika tubuh mengalami dehidrasi.

  1. Jus Sayuran

Jus sayuran juga termasuk salah satu minuman yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi para penderita demam berdarah. Jus sayuran yang dimaksud adalah campuran antara mentimun, wortel, dan sayuran hijau lainnya. Para ahli mengatakan bahwa jus yang berbahan dasar sayuran organik mengandung segudang nutrisi yang bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan pasien demam berdarah.

  1. Jus buah

Selain jus sayuran, jus buah yang kaya akan vitamin C juga memberikan manfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Meningkatnya sistem kekebalan tubuh akan memberikan dampak positif terhadap proses pemulihan. Anda bisa membuat jus buah yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, pepaya, stroberi, kiwi, jambu biji, atau blewah. Anda juga bisa mengonsumsi jus lemon yang dinilai efektif dalam mengusir racun dari dalam tubuh akibat virus demam berdarah.

  1. Susu

Susu mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin, protein, dan mineral kompleks. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat berguna dalam melawan virus penyebab demam berdarah.

  1. Bubur

Ketika anda ingin melawan virus penyebab demam berdarah, salah satu makanan terbaik adalah bubur. Bubur menyediakan sumber energi bagi tubuh pasien DBD. Selain itu, bubur termasuk makanan yang paling mudah dicerna dan mengandung sejumlah manfaat kesehatan.**

 

Susunan Dewan Redaksi

error: Semua konten kami mempunyai hak kebijakan privasi, hubungi admin atau dosen bersangkutan. Hatur Nuhun